Bagaimana Cara Klaim Token Listrik Gratis dari PLN? Yuk disimak Caranya....

Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan pembebasan dan diskon tarif pemakaian listrik bagi pelanggan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu. Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020.

Kebijakan yang diberikan diantaranya adalah pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 volt ampere (VA) dan pemberian diskon 50 persen kepada konsumen rumah tangga (R1T) bersubsidi 900 VA pelanggan dapat mengklaim token listriknya. Sementara itu, pelanggan R1M 900 VA yang tergolong mampu tidak mendapat diskon.

Klaim token listrik gratis tersebut dapat diakses melalui dua cara, yaitu melalui Aplikasi WhatsApp dan website PLN Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, layanan pembagian token listrik gratis bagi pelanggan prabayar (token) golongan 450 volt ampere (VA) dan diskon bagi golongan 900 VA subsidi melalui aplikasi WhatsApp dapat diakses mulai Senin (6/4/2020).

Nomor WhatsApp resmi untuk pengajuan token listrik gratis adalah 08122-123-123.

“Nomor WhatsApp 08122-123-123. Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin,” kata Wakil Dirut PLN Darmawan Prasodjo melalui siaran langsung di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (3/4/3030).

Bagaimana cara mengajukan klaim di WhatsApp?

Pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA prabayar (token) dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WhatsApp dengan nomor 08122-123-123.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan. 3. Token gratis akan muncul.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Kompas.com menyebutkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar (reguler) akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei, dan Juni. Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen, selama bulan April, Mei, dan Juni.

Selain itu, pelanggan juga bisa mengajukaan klaim melalui website. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka http://pln.co.id, lalu masuk ke menu pelanggan, langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Lalu Token Gratis akan ditampilkan di Layar
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran
  4. Selesai
SUMBER: WWW.KITEPROMOIN.COM

Posting Komentar

0 Komentar