Pemilik usaha bisnis wajib mengetahui manfaat content marketing. Strategi pemasaran bisnis yang menggunakan konsep
tersebut terbukti efektif dan solutif untuk meraup keuntungan.
Prinsip utama content marketing ialah menawarkan
(memasarkan) konten dengan membuat target yang sesuai dengan target pasarnya.
Bagi pemiliki bisnis, mencari target pasar dan membuat konsep pemasaran adalah
dua hal yang tak terpisahkan. Dua konsep ini juga wajib diterapkan dalam
strategi pemasaran bisnisnya agar keuntungan dapat datang sesuai dengan target
yang ditetapkannya.
Content marketing dapat dilakukan secara digital maupun
konvensional. Namun, di era digital saat ini banyak pelaku bisnis melakukannya
di media digital karena jangkauan kontennya lebih luas dan tidak mengeluarkan
biaya yang cukup mahal.
Menurut buku Visual Content Marketing Leveraging
Infographics, Video, and Interactive Media to Attract and Engage Customers;
Content marketing biasanya disusun sesuai kebutuhan target marketnya. Disusun
secara spesifik dan diproduksi dengan teknik story telling sehingga lebih mudah
diterima oleh target market. Maka dari itu, pesan harus dirancang sedemikian
agar dapat menghasilkan efek yang diharapkan. Karena konten media digital yang
semakin luas penggunaannya; hanya konten yang benar-benar menarik
perhatian, dan dikemas dengan baik, yang akan mendapat perhatian audiens.
Sentimen Positif
Content Marketing
Perlu untuk diketahui, bahwasanya penggunaan media
digital sebagai salah satu penghubung komunikasi dan pemasaran semakin mendapat
tempat. Dalam jurnal ilmiah yang berjudul Tren Periklanan di Media Sosial
(2017), disebutkan bahwa ada sentimen positif yang muncul dari efek semakin
meluasnya penggunaan content marketing di media digital. Konsep content
marketing yang disebutkan menggunakan konsep iklan online.
“Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia
(P3I) Jatim Haries Purwoko mengungkap, secara nasional, belanja iklan tahun ini
diperkirakan akan samakin membaik dan mengalami kenaikan sebesar 11% hingga
13%. Kenaikan tersebut dipicu oleh kian membaiknya perekonomian nasional,”
tulis Ramsiah Tasruddin.
Staf Pengajar pada Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas
Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar itu mengatakan
bahwa sentimen positif ini menandakan bahwa iklan online yang tersebar di
sejumlah media sosial sudah menjadi industri yang prospektif seiring
perkembangan tatanan ekonomi global. Menurutnya, kinerja periklanan secara
online beberapa tahun terakhir di satu sisi juga makin meningkat.
Manfaat Content
Marketing
Dari paparan di atas, tentu akan muncul pertanyaan: Apa
sih manfaat content marketing untuk bisnis yang saya jalankan?
“Content marketing merupakan strategi pemasaran dimana
harus merencanakan dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens
dengan tepat sasaran, serta mendorong target audiens untuk menjadi konsumen,”
tulis Ramsiah dalam jurnalnya.
Lebih lengkapnya, berikut ini dua manfaat penting content marketing yang harus kamu ketahui untuk pemasaran bisnismu; menurut Jurnal “Tren Periklanan di Media Sosial”:
- Menarik audiens baru untuk mengenali bisnis barang atau jasa perusahaan yang beriklan.
- Mendorong audiens untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan tersebut dan menjadi konsumen.
Tak apa, walaupun cuma 2 manfaatnya; setidaknya itu bisa
mengetuk hatimu agar sadar bahwa content marketing adalah konsep pemasaran
kekinian yang sangat penting untuk memperluas jangkauan bisnismu.
Kite Promoin adalah salah satu media periklanan yang menerapkan konsep content marketing, mari iklankan produkmu di sini. Kami siap mereview dan meliput produkmu. Kamu juga dapat mengiklankan jasa yang kamu tawarkan dan event yang kamu selenggarakan.
Artikel di atas ditulis oleh Admin di WWW.KITEPROMOIN.COM
0 Komentar