Berbagai macam bisnis
dari perusahaan ternama sampai UKM, sekarang ini melakukan pemasaran secara
online dan hal tersebut sudah dianggap sebagai kewajiban karena orang-orang saat ini memiliki
tingkat mobilitas yang tinggi, hampir semua orang menggunakan media dalam mencari, membeli atau
berkomunikasi. Bahkan, menurut data Badan Asosiasi Penyelenggara Internet
Indonesia, tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia pada tahun 2020
mencapai 78%. Itulah kenapa digital marketing sangat diperlukan bagi pebisnis
agar target konsumen yang ingin dituju bisa tercapai.
Menjangkau Konsumen Yang Ingin Dituju
Salah satu tujuan dari digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen. Dengan memanfaatkan teknik digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimazation) atau memasang iklan online seperti Youtube ads, instagram ads atau google ads akan membantu bisnis kamu dapat dijangkau oleh konsumen yang ingin dituju dengan memastikan terlebih dahulu target spesifik yang dituju itu siapa, misalnya orang-orang yang tinggal diperkotaan, usia remaja atau dewasa serta menyukai hal-hal yang selaras dengan bisnismu. selain menjangkau konsumen yang ingin dituju, digital marketing juga bisa menjangkau pasar lebih luas, lho! Karena semakin luasnya jangkauan yang ingin dituju, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan konsumen baru lebih banyak.
Mencapai Target Penjualan Yang Diinginkan
Manfaat lain dari penggunaan digital marketing untuk
bisnis kamu adalah dapat mencapai target penjualan yang diinginkan, bahkan bisa
melebihi dari target yang diinginkan karena melalui digital marketing, bisnis
yang sedang kamu jalankan dipromosikan melalui berbagai macam strategi digital
marketing. Seperti konten yang menarik di sosial media, endorse
selebgram/influencer yang bisa membuat pengikut selebgram/influencer tersebut
kepo dan bahkan membeli produk yang sedang dipasarkan, dan dampak dari iklan
digital yang kamu lakukan. Hal-hal tersebut bisa mencapai target penjualan yang
diinginkan karena jangkauan yang disasar semakin meluas.
Memangkas Biaya Promosi Yang Dibutuhkan
Jika masih menggunakan media konvensional dalam melakukan
promosi, selain target yang ingin dituju kurang fokus, biaya
yang akan dikeluarkan juga sangat besar. Misalnya, pemasangan billboard, neon box,
brosur serta iklan di berita, televisi atau radio. Hal tersebut tentu akan
merugikan pebisnis apabila promosi yang dijalankan hasilnya tidak sesuai,
terutama bagi pelaku UKM. Maka dari itu, penggunaan digital marketing adalah
pilihan yang tepat, terutama bagi kamu yang baru merintis usaha. Cukup
menggunakan media digital seperti facebook, twitter, instagram atau tiktok
untuk membuat akun bisnis dan memasang iklan produk yang sedang dipasarkan,
maka selain sangat praktis, bisnis kamu terlihat lebih profesional.
Menempatkan Bisnis Lebih Unggul Daripada Pesaing
Dikarenakan digital marketing sudah dijalankan,
selain bisnis kamu terlihat profesional juga akan terlihat lebih unggul
dari pada pesaing. Bisnis yang sedang kamu jalankan pastinya lebih up-to-date
dan menarik untuk dilihat karena saat ini semua produk yang ingin dipasarkan akan
terlihat lebih
profesional apa bila mudah ditemukan. Sekarang ini, UKM atau perusahaan besar sama-sama memiliki kesampatan yang sama didalam digital marketing, maka tidak merugikan jika
bisnis kamu menggunakan digital marketing dalam memanfaatkan promosi serta strategi
yang ingin dijalankan. Digital marketing juga memungkinkan produkmu
menjadi trend atau dicari oleh banyak orang karena banyaknya orang yang sudah tahu,
membeli bahkan menjadi konsumen loyal.
Evaluasi Lebih Teratur
Karena jangkauan digital marketing yang sangat luas, maka sangat mudah menemukan kelebihan dan
kekurangan dari produk yang sedang kamu pasarkan dan membandingkannya dengan
pesaing. Maka dari itu, evaluasi yang sedang dilakukan juga akan lebih taratur
dan dengan cepat dapat mengurangi kekurangan serta mempertahankan kelebihan
dari produk yang sedang dipasarkan. Bahan evaluasi ini juga bisa langsung di peroleh dari konsumen, karena dengan digital marketing juga bisa menjadi sarana
komunikasi kamu sebagai pelaku bisnis dengan konsumen kamu, dengan begitu akan
lebih mudah menemukan kelebihan dan kekurangan untuk diperbaiki dan menjadi
bahan evaluasi untuk strategi selanjutnya.
Nah, tunggu apalagi?
Yakin tidak mau menggunakan digital marketing untuk meningkatkan bisnis kamu?
Gunakan segera digital marketing agar bisnis kamu bisa terus sukses, ya!
0 Komentar