Apa itu JSON dan Apa saja Fungsinya?


Selamat sore sobat setia Kepoilmu.com. Apakah sobat pernah mendengar kata “JavaScript” ?

Untuk sobat yang menempuh pendidikan di dunia IT pasti sudah pernah bukan?

Baik, kali ini Kepoilmu.com akan share artikel mengenai JavaScript sobat. Tetapi bahasannya lebih difokuskan pada JSON.
Image source: www.open-stand.org
Nah, apa itu JSON?

Menurut Wikipedia, JSON (JavaScript Object Notation) merupakan suatu format ringkas pertukaran data komputer. Formatnya berbasis teks dan terbaca manusia serta digunakan untuk mempresentasikan struktur data sederhana dan larik asosiatif.

Format teks pada JSON tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Penggunaan gaya bahasa yang bersifat umum ini menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran data yang biasa digunakan saat ini.

Adapun JSON sendiri terbuat dari dua struktur, yaitu:
  • Kumpulan pasangan nama/nilai. Pada beberapa bahasa, hal ini dinyatakan sebagai objek (object), rekaman (record), struktur (struct), kamus (dictionary), tabel hash (hash table), daftar berkunci (keyed list), dan associative array.
  • Daftar nilai terurutkan (an ordered list of values). Pada kebanyakan bahasa, hal ini dinyatakan sebagai larik (array), vektor (vector), daftar (list), dan urutan (sequence).
Struktur-struktur di atas biasanya disebut sebagai struktur data universal. Pada dasarnya, semua bahasa pemprograman modern mendukung struktur data ini dalam bentuk yang sama maupun berlainan.

Apa saja fungsi-fungsi dari JSON?

JSON sendiri mempunyai beberapa fungsi. disini Saya akan menjelaskan Fungsi JSON dan Implementasinya pada PHP.
Funsi JSON pada PHP :
  1. json_encode
json_encode berfungsi untuk merubah Array ke bentuk JSON.
  1. json_decode
json_decode berfungsi untuk merubah dari bentuk JSON ke Array.

Format JSON sering digunakan untuk mentransmisikan data terstruktur melalui suatu koneksi jaringan pada suatu proses yang disebut serialisasi. Aplikasi utamanya adalah pada pemrograman aplikasi web AJAX dengan berperan sebagai alternatif terhadap penggunaan tradisional format XML.

Bagaimana cara menggunakan JSON?
Apa saja kelebihan dan kekurangan dari JSON?

Nantikan di artikel kepoilmu.com selanjutnya ya....
Terima kasih atas kunjungannya 😊

Posting Komentar

0 Komentar