Sobat Kepo, pemasaran menggunakan konsep Social Media
Marketing (Pemasaran Media Sosial) adalah pilihan yang tepat untuk pebisnis
digital di Indonesia saat ini. Apa sih Social Media Marketing itu..??
Sebelum mengupas tentang Social Media Marketing, ada baiknya
kita ketahui dulu alasan mengapa Social Media Marketing adalah pilihan yang
tepat untuk pelaku bisnis digital di Indonesia ya Sobat.
Nah, salah satu alasannya adalah akibat dari penetrasi
pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada awal
2021, penetrasi pengguna internet di Indonesia sendiri sudah mencapai angka 202,6
juta pengguna. Data tersebut dirilis langsung oleh Layanan Manajemen Konten
HootSuite dan Agensi Pemasaran Media Sosial We Are Social dalam laporan yang
bertemakan “Digital 2021”.
Kemudian, Indonesia juga masuk dalam 5 besar pengguna media
sosial terbanyak di dunia. Peluang tersebut tentu sangat potensial bila optimal
dimanfaatkan oleh mereka yang bisnisnya bergerak dipasarkan dengan media
digital.
Mengutip dari salah satu situs yang fokus pada Digital
Marketing Strategy, Social Media Marketing merupakan konsep pemasaran produk
dengan platform media sosial agar proses branding dan promosi produknya dapat
sesuai dengan target pemasarannya.
“Secara umum, Social Media Marketing bertujuan untuk meningkatkan
promosi dan branding usaha yang dijalankan,” tulis Redaksi Kite Promoin (8/2/2021).
Pengertian Social Media Marketing menurut Ahli:
Sobat, berikut ini adalah pengertian Social Media Marketing menurut
Ahli yang valid informasinya:
1. Menurut Susan Gunelius dalam Buku “30 Minute Social Media Marketing”
Social media marketing merupakan suatu bentuk pemasaran langsung ataupun
tidak langsung yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat,
dan tindakan untuk merek, bisnis, produk, orang, atau entitas lainnya dan
dilakukan dengan menggunakan alat dari web sosial seperti blogging,
microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing.
2. Menurut Buku “The New Community Rules : Marketing on the Social Web” yang ditulis oleh Tamar Weinberg
Social media marketing adalah sebuah
proses yang mendorong individu untuk melakukan promosi melalui situs web,
produk, atau layanan mereka melalui saluran sosial online dan untuk
berkomunikasi dengan memanfaatkan komunitas yang jauh lebih besar yang memiliki
kemungkinan lebih besar untuk melakukan pemasaran daripada melalui saluran
periklanan tradisional.
3. Menurut Tract L. Tuten dalam Buku “Advertising 2.0 Social Media Marketing in a Web 2.0 World”
Social media marketing merupakan bentuk
periklanan secara online yang menggunakan konteks kultural dari komunitas
sosial meliputi jejaring sosial, dunia virtual, situs berita sosial, dan situs
berbagi pendapat sosial untuk menemui tujuan komunikasi.
Sumber: freepik |
Nah, itulah arti dan penjelasan konsep Social Media Marketing ya Sobat. Semoga bermanfaat.!!
0 Komentar